ELM327

Awalnya penasaran kenapa mobil Fiesta ini nggak bisa autolock, apa ada yang salah atau gimana. Dari hasil googling ternyata emang Ford mendisable fungsi ini, masih kurang paham apa alasannya, tapi sepertinya safety matter.

Lanjut googling akhirnya dapetlah informasi kalau kita bisa meng-enable-kan fungsi autolock ini. Pernah tanya ke bengkel non-beres, yang juga nanganin mobil-mobil Mamarika dan Eropa, mereka nggak bisa akses ke ECU, harus pake program IDS khusus Ford yang ada di beres Ford, yang harganya bikin gak makan sebulan tuh, gajian hanya lewat buat beli scannernya. Tapi belum pernah tanya juga ke beres apa mereka mau meng-enablekan autolock Fiesta..

Hasil riset hampir 1 bulanan akhirnya dapetlah kesimpulan, ada alat buat ngoprek beberapa setingan di Central Configuration ECU via socket OBDII, dengan bantuan software ELMConfig atau pake Forscan. Langsung ane search di Tokped, dapet harga 90 ribu. Ane beli yang bluetooth karena ane pikir simpel – simpel aja.

Barang akhirnya sampe. Ane coba colok ke socket OBDII, trus konek via Torque berhasil. Aplikasi Torque di android ini bisa ngebaca banyak informasi tentang kondisi Fiesta. Berhasil lah tahap ini.

Lanjut dikonek dengan ELMConfig…hmmmm gak bisa. Sial. Berpaling coba pakai Forscan…”bad clone chip detected”. Sial lagi. Ternyata nggak sembarang chip bisa konek dengan Forscan. Dan dari hasil googling didapet info lebih baik memakai ELM327 dengan chip versi 1.5, bukan versi 2.1 seperti yang ane beli ini. Dan ELM327 yang dipakai harus bisa mengakses baik MS ataupun HS-CAN. Artinya harus ada switch tambahan untuk pindah dari HS ke MS-CAN. Ada beberapa forum yang memberikan ulasan mengenai cara memodifikasi ELM327 standar.

Searching lagi di Tokped, ELM327 with USB, versi 1.5. Chit chat dengan sang penjual tentang versi chip, forscan, dll… Sayangnya sang penjual gagal paham. Tapi udah penasaran, akhirnya ane beli juga ELM327 ini. Harga sekitar 120 rb. Coba modif dengan switch tambahan, hasilnya kayak dibawah ini:

elm-modif
Hasil Modifikasi

Coba konek dengan mobil dan Forscan..sama hasilnya, “bad clone chip detected”. Gagal lagi.

Coba cari di tokped, bukapalak, dll nggak ada juga yang jualan ELM327 yang modified langsung pake. Akhirnya coba ke lapak ebay dan aliexpress, dan dapet di Vin Store di lapak aliexpress. Dikirim cari Cina gan, total sekitar 250 rb dengan ongkir. Sekitar 3 minggu akhirnya sampe juga itu barangnya. Penampakan gan:

elm.png
ELM327 Modified dari Cina

Dan ini lah yang berhasil ane pake buat seting autolock Fiesta ane.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s