Seting AutoLock

Disini ane coba sharing cara setting autolock di Fiesta, semoga bermanfaat buat yang mobilnya belom bisa autolock dan ingin bisa autolock. Ane coba jelasin bukan pake bahasa orang bengkel ya, karena ane juga nggak tau istilah – istilah yang bener di dunia otomotif.

Seting autolock ini dilakukan via socket OBDII, lokasi ada di bawah dashboard sebelah kanan (di atas switch untuk membuka kap depan). Ada kompartment kecil, keliatan kok tuasnya kalo agan duduk di kursi driver. Tarik kebawah tuasnya, nah dia ada di bagian atas. Bisa keliatan kalo dilongok.

A. Beberapa hal yang diperlukan sebagai berikut:

  1. ELM327 yang bisa mengakses HC-CAN dan MS-CAN (modified), atau bisa juga beli yang belum modified. Agan bisa modifikasi sendiri dengan panduan di sini. Sebagai catatan, agan harus pinter yaa cari ELM327 yang chipnya asli. Kalau chip kloningan ya usahain ya bagusan. Di sini cerita saya gimana sampai dapet ELM327 yang lumayan bagus.
  2. Software Forscan yang bisa didownload di www.forscan.org/download. Usahain download versi paling baru ya (di Gambar 1,  yang terbaru adalah versi 2.3.7 beta. Software ini free.
  3. Licensi yang juga bisa didapet dengan gratis, yang penting agan udah download dan instal Forscan di laptop. Link disini.forscan-general
    Gambar 1. Download yang ada panah birunya (Forscan dan License)

B. Langkah – Langkah

  1. Instal Forscan di laptop.
  2. Buka Forscan debug-mode Di tab General, uncheck yang “Demo Mode”, check “Debug Mode”, lalu pilih formatnya Metric atau Imperial. Saya preferred yang metric. connection    Di tab Connection, saya preferred isi yang auto semua.
  3. Di bagian Help (icon di bawah sebelah kiri), cek Hardware ID. Hardware ID ini digunakan untuk mendapatkan license Forscan. License ini berlaku untuk 2 bulan.id-hardware
  4. Buka link License untuk mendapatkan license. Daftar dulu sebagai member forum, tunggu sampai dapet aproval ya gan. Berhubung pengelolanya ada di Rusia, pinter2 aja pilih waktu yang kira kira mereka lagi nggak ada di jam tidur. Tapi paling lama 1 atau 2x 24 jam.
  5. Balik ke nomer 3, setelah agan login webnya, agan diminta untuk masukin data-data, diantaranya nama perusahaan agan, no telpon, dan hardware ID yg dapet dari langkah nomer 2. Klik icon “Generate”, tunggu sebentar, nanti agan bisa download license dari link yang dikasih (sebelah kanan bawah).generate license.PNG
  6. Balik ke program Forscan, load license yg udah agan download. Sebenernya nggak semua utak atik via Forscan butuh license ini, hanya untuk case setting autolock memang diminta licensenya. Nanti muncul seperti di bawah ini.load license.PNG
  7. Instal driver ELM327 yang harusnya dikasih waktu agan beli ELM327 nya. Tapi kalau nggak ada, agan bisa download disini.
  8. Cek kalau ELM327 sudah bisa kebaca oleh laptop.
  9. Konek ELM327 ke soket OBDII di Fiesta dan laptop agan. Klik icon “Connect” di bawah kiri. Ikutin perintah yang ada di layar Forscan. Untuk starting bakal diminta posisi switch di posisi HS-CAN, Ignition On (tapi mesin masih mati ya). Ada pertanyaan “Apakah ada switch HS/MS-CAN?”, klik “yes”. Setelah itu bakal ada perintah utk pindah ke MS-CAN, balik HS-CAN, dll.. Ikutin aja gan. Setelah berhasil connect agan bisa lihat detail konfigurasi dari Fista agan.starting.PNG
  10. Setelah berhasil konek antara Forscan, ELM327, dan Fiesta agan bisa langsung klik icon “Configuration & Programming”.
  11. Akan ada beberapa list item modul di kolom sebelah kanan. Modul dengan deskripsi “AS BUILT” sebaiknya disave ya gan, buat back up kalau ada apa apa. Tapi sebenernya hampir semua utak atik yang ada di forscan ini aman dilakuin, sepanjang aki agan gak drop di tengah jalan yaa.
  12. Seting autolock ini ada di modul “IPC/Central Configuration”. Short modul IPC, terus klik icon “play” di kiri bawah. Disini ada perintah untuk pindah switch ke HS-CAN, trus Ignition ke Off.
  13. Setelah berhasil terload 100% akan muncul beberapa list setingan di kolom. Nah silahkan agan short “Autolock setting”. Oiya jangan lupa, pindah dari mode “Normal” ke “Engineering 1” di bagian atas kolom, karena perubahan setingan autolock hanya bisa dilakuin di engineering mode. Ada 3 mode: normal, engineering 1, engineering 2.
  14. Setelah dishort “autolock setting” lalu klik “edit selection” di bagian kiri bawah. Akan muncul dialog box dengan 3 pilihan, pilih yang nomer 3 “autolock”.
  15. Naah setelah itu sekarang saatnya memasukkan perubahan setingan tadi ke ECU, dengan klik icon “write” di bagian bawah. Tunggu prosesnya, lampu interior bakal kedip on off. Kemudian muncul perintah untuk ignition “on” dan “off” berurutan.
  16. Selesai gan. Agan bisa klik tombol “stop” di bagian bawah untuk keluar dari modul program. Kemudian disconnect kan ELM327 dari socket OBDII.
  17. Coba deh jalan, punya ane di speed 5-7 km/jam udah jalan autolocknya.
  18. Ada beberapa case setingan ini ga langsung berhasil. Coba dengan cara ini: ignition on lalu pencet tombol lock di dashboard 3x, ignition off lalu pencet tombol lock di dashboard 3x, ignition on lalu pencet tombol lock di dashboard 1x, ignition off lalu pencet tombol lock di dashboard 1x. Bakal ada notif berupa suara Chimney yg nandain autolock udah berhasil.
  19. Selamat mencoba, good luck agan agan.

Ini belum final tulisannya, masih diupdate terus, tapi secara umum udah bisa jadi gambaran buat seting autolock. Oiya, belom pernah nanya sih harusnya di Beres bisa juga mungkin minta autolocknya diaktifin.

Selain autolock masih banyak lagi setingan yg bisa diubah, misalnya ngidupin fungsi DRL (udah nyoba), atau mengaktifkan tombol foglamp buat Fiesta seri Trend atau Style yg dipasang foglamp tambahan.

Rekomendasi bacaan beberapa forum tentang forscan:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s